fenomena behel atau kawat gigi


metal

di Korea, seseorang yang mengenakan behel atau kawat gigi dijamin tidak akam mendapat pasangan kencan selama seseorang mengenakannya.

orang korea beranggapan seorang yang berkawat gigi itu udik, cupu, dan terkesan membosankan.

tapi yang terjadi di Indonesia adalah sebaliknya.

seseorang yang memakai kawat gigi dianggap keren, mampu dan up date, tapi apa sih sebenarnya kawat gigi? fungsi? efek samping?

sebelum kalian memasang behel untuk menunjang penampilan maupun terapi, sebaiknya kita bahas bersama dan ketahui banyak hal tentang behel!

KAWAT gigi alias behel lagi hit ya😀 ? Belakangan kawat yang satu ini menjelma jadi indikator status sosial.

Mengingat harganya tidak bisa dibilang murah, muncul asumsi pemakai kawat gigi orang mampu. Anak-anak atau remaja yang menggunakannya dibilang anak orang kaya.

Sebenarnya, ngapain, sih gigi harus dikawati? Di perkampungan, banyak bermunculan ahli gigi dengan harga supermiring. Amankah kawat itu menempel di gigi kita?

Behel adalah perawatan ortodonti untuk memperbaiki ketidakharmonisan susunan gigi-geligi, untuk mendapatkan hubungan gigi-geligi yang baik sehingga memperbaiki fungsi pengunyahan dan mencipta keserasian estetika wajah. Ada beberapa kondisi di mana seseorang perlu menjalani perawatan ortodonti, jika terjadi ketidaksesuaian hubungan gigi-geligi dalam satu lengkung rahang.

#Awas, Alergi dan Pendarahan Mukosa Mulut
“Contoh kondisi gigi, berjejal atau terdapat celah gigi dan ketidaksesuaian hubungan gigi pada rahang atas dan bawah, bahasa awamnya tonggos.

Kondisi itu menimbulkan masalah pada penampilan seseorang dan mengganggu fungsi pengunyahan,” terang drg. Gita Gayatri, Sp.Ort (31).

Agar tak tertipu kawat gigi abal-abal, menurut Gita, Anda perlu mengecek materi (logam) yang digunakan. Materi ini tergantung jenis perawatan yang kamu jalani. “Untuk perawatan ortodonti cekat atau behel, kawat gigi terbuat dari bahan baja stainless steel antikarat, nikel titanium, beta titanium, atau elgiloy suatu logam kromium-nikel-kobalt,” imbuhnya.

Bahan yang digunakan para spesialis ortodonti telah lolos uji laboratorium, mendapat sertifikat, dan tidak dijual bebas. Perawatan kawat gigi yang benar dilakukan dokter gigi yang punya kompetensi melakukan perawatan ortodonti yaitu dokter gigi spesialis ortodonti. Patut diingat, perawatan ortodonti tidakan medis. Bukan kebutuhan kosmetik semata.

Masayarakat salah kaprah menganggap behel sebagai bagian dari mode, karena perawatan ortodonti tidak hanya melibatkan gigi tapi juga tulang rahang dan jaringan sekitar gigi. Pemasangan kawat gigi yang tak dilakukan spesialis ortodonti bisa membahayakan konfigurasi mulut dan gigi. Perawatan yang salah menciptakan ketidakseimbangan kondisi dalam mulut pasien.

Ketidakseimbangan dalam mulut memicu efek domino seperti terganggunya pengunyahan, otot-otot sekitar mulut yang disertai nyeri pada sendi rahang. Penggunaan bahan yang tidak standar, memicu karat dan keracunan. Petaka lain akibat pemakaian logam yang tidak standar, alergi dan pendarahan.

“Setelah pemakaian kawat gigi bisa saja pasien alergi terhadap penggunaan logam. Jika terjadi pasien sebaiknya melakukan pemeriksaan riwayat alergi, untuk mengetahui bahan apa saja yang enggak bisa diterima tubuh dan apakah perawatan ortodonti kontraindikasi terhadap pasien,” urai Gita.

Pendarahan terjadi karena tergoresnya mukosa mulut oleh alat ortodonti. Bahaya lainnya, peradangan gusi akibat kebersihan mulut yang tidak terjaga sejak memakai kawat gigi.

selain kawat gigi baku, kamu juga perlu memperhatikan korelasi pemakaian kawat dengan  usia.

Usia untuk perawatan ortodonti tergantung indikasi perawatan. Penggunaan kawat gigi dapat dimulai ketika minimal 4 gigi seri permanen atas dan bawah serta seluruh gigi geraham pertama tumbuh menggantikan gigi susu. Yaitu sekitar usia 9-11 tahun.

Ada tiga tahap perawatan ortodonti:

1. Ortodonti preventif (pencegahan), perawatan untuk mencegah terjadinya ketidakteraturan gigi sejak anak masih kecil.

2. Ortodonti interseptif, perawatan untuk mencegah kondisi di mana sudah terlihat ketidakteraturan gigi, agar tidak lebih parah. Biasanya terjadi pada anak usia tumbuh kembang.

3. Ortodonti korektif, perawatan di mana ketidakteraturan dan ketidakharmonisan hubungan gigi makin berat dan menetap pada usia dewasa.

drg Gita Gayatri, Sp.Ort. membagikan beberapa hal yang patut dicamkan saat menjalani perawatan Ortodonti:

1. Yang benar, sebelum menjalani perawatan ortodonti, Anda diminta melakukan pencetakan gigi, pengambilan foto rontgen gigi dan kepala untuk mendiagnosis kelainan serta merencanakan perawatan yang akan dilakukan.

2. Keberhasilan perawatan ortodonti tergantung kemampuan dokter gigi menentukan diagnosis dan rencana perawatan. Juga, kepatuhan pasien untuk melakukan kontrol, menjaga alat ortodonti, dan kebersihan dalam mulut.

3. Tidak ada batasan umur maksimal untuk menjalani perawatan ortodonti. Selama kondisi gigi, jaringan gusi, dan tulang rahang sehat.

4. “Dua yang patut Anda kenali selama perawatan, fluoride dan retainer. Fluoride senyawa untuk membuat gigi lebih resistan terhadap kekeroposan atau mencegah gigi berlubang. Pasien yang menggunakan behel biasanya kesulitan membersihkan gigi sehingga mudah mengalami lubang pada gigi. Aplikasi fluoride perlu dilakukan. Retainer alat yang digunakan selesai perawatan ortodonti dilakukan. Fungsinya menstabilkan gigi-geligi pada tempat yang baru serta mencegah kembalinya ketidakteraturan gigi (relapse),”papar Gita.

5. Gunakan sikat gigi khusus pengguna kawat gigi (orthodontic toothbrush) untuk menjangkau daerah di sekitar gigi yang gagal dijangkau sikat gigi biasa.

1. Behel metal (stainless steel) adalah tipe behel yang paling populer saat ini. Jika kamu memilih behel metal, Audy Dental memiliki beberapa macam merk buatan USA yang paling nyaman, efisien, up-to-date, dan berteknologi tinggi dari berbagai macam behel yang tersedia. Pemilihan behel yang berkualitas sangat penting karena behel akan tetap stay menempel di gigi kamu selama masa perawatan yang umumnya berkisar 1-2 tahun atau bahkan lebih (pada kasus berat). Kualitas behel juga menentukan efisiensi jangka waktu perawatan. Oleh karena itu, pastikan behel metal yang kamu miliki memenuhi standar kualitas jangka panjang. Bagi kamu yang suka berekspresi dengan warna dan trend saat ini, berbagai pilihan bentuk dan warna karet bisa diganti tiap kunjungan. So, feel free untuk mengekspresikan dirimu di setiap kunjungan kontrol behel.

2.    Behel Estetis/Sewarna Gigi

Behel estetis/sewarna gigi bisa menjadi alternatif buat kamu yang tidak ingin behel terlalu terlihat. Fungsi behel estetis sama dengan behel metal. Seperti behel metal, behel estetis juga sangat nyaman dan efisien menggerakkan gigimu. So, it’s all about taste! Pengen yang metal atau yang sewarna, keputusan ada di tangan kamu!

3.    Invisalign

Invisalign adalah teknologi untuk merapikan gigi tanpa kawat dan tanpa terlihat. Orang tidak akan mengetahui kamu sedang dirawat orthodonti. Alatnya terdiri dari beberapa seri alat berbentuk plastik transparan yang bisa dilepas pasang. Invisalign dibentuk sesuai dengan susunan gigimu secara 3 dimensi dengan menggunakan teknologi computer dan akan diganti setiap 2 minggu. Bentuk alat akan sedikit demi sedikit diubah untuk menggerakkan gigi sesuai dengan tujuan akhir yakni gigi tersusun rapi dan indah. Namun, invisalign penggunannya terbatas, hanya dapat digunakan pada kasus-kasus ringan dan sedang. Pada kasus yang parah, invisalign bukan merupakan solusi ideal. Oleh karena itu, konsultasikan ke dokter gigi orthodonti untuk mengetahui apakah kamu bisa dirawat dengan invisalign atau tidak.

4.    Sistem Damon

Behel damon mirip dengan behel metal namun memiliki pengunci kawat sendiri (self-ligating) sehingga penggunaan karet tidak diperlukan. Damon memiliki keunggulan lebih higienis, lebih nyaman, lebih cepat pergerakan giginya dan lebih sedikit frekuensi kontrol yang diperlukan dibandingkan dengan behel pada umumnya.

5.    Behel Lepasan

Behel tipe ini umumnya digunakan pada anak-anak di usia 8 -12 tahun atau pada kasus-kasus ringan. Behelnya bisa dilepas pasang dan memiliki plat akrilik dibagian dalamnya. Behel dipakai setiap hari dan dilepas saat makan.

Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter gigi untuk membantu memilih jenis behel yang tepat buat gigi kamu. Pilihlah behel yang dapat mengatasi kebutuhan dan permasalahan gigimu secara tepat.
setelah membaca yang di atas pasti kalian juga ingin tahu harga menurut variasi dan modelnya bukan?😉

#Harga kawat gigi / behel

Harga dari kawat gigi juga sangat bervariasi tergantung pada jenis bahan, kualitas serta model dari kawat gigi / behel itu sendiri.
Bracket metal std epsilon 800.000,-
Bracket metal std classone 810.000,-
Bracket metal mini motif orthomerica 730.000,-
Bracket metal dentaurum german 980.000,-
Bracket transparant composite 3b 700.000,-
Bracket transparant composite medkraft 820.000,-
Bracket transparant ceramic protec 980.000,-
Bracket transparant ceramic classone 780.000
Bracket metal mini/std protec 520.000,-
Bracket metal mini root protec 590.000,-
Bracket metal mini imd lisensy usa 570.000,-
Bracket metal mini motif protec 580.000,-
Bracket metal mini orthomerica 680.000,-
Bracket metal orthoclasic 680.000,-
behel lepas pasang twin colour Rp. 160.000 (atas bawah)
behel lepas pasang twin colour Rp. 90.000 (atas atau bawah saja)
behel lepas pasang twin colour mix PO Rp. 150.000 (atas twin colour)
behel lepas pasang power chain Rp. 160.000 (atas bawah)
behel lepas pasang power chain Rp. 90.000 (atas atau bawah saja)
behel lepas pasang power chain mix PO Rp. 150.000 (atas power chain)
Bracket metal mini orthodontic 500.000,-
Bracket metal mini biom 560.000,-
#Biaya Pemasangan
Biaya pemasangan kawat gigi / behel berkisar antara Rp 750.000,- hingga jutaan Rupiah. Jangan lupa untuk menggunakan jasa orang yang sudah betul – betul berpengalaman karena tidak sedikit cerita yang mengungkapkan gangguan bentuk gigi serta rahang yang timbul sebagai akibat dari pemasangankawat gigi / behel yang dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya

 

2 thoughts on “fenomena behel atau kawat gigi

tulis pendapatmu di sini, kamu pintar kan? :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s